KKN UAD Bersama Warga Bantul Warung Adakan Pelatihan Pengolahan Sampah

AdminDesa1 01 Maret 2023 19:16:39 WIB

Rabu, 08 Februari 2023, Tim Pengabdian UAD bekerjasama dengan Mahasiswa KKN UAD unit V.D.2 mengadakan sosialisasi bantul bersih sampah di Dusun Bantul Warung, Bantul, Bantul, D.I. Yogyakarta dengan menghadirkan salah satu staff Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul. Acara ini dihadiri oleh kepala dusun, takmir masjid, dan perwakilan warga Bantul Warung dari RT 01 – RT 08 di balai dusun Bantul Warung. Antusisme warga tentang penanganan masalah sampah terlihat dari persentase kehadiran undangan yang mencapai 90%.

Yulianto, Dukuh Bantul Warung mengatakan, sosialisasi bantul bersih sampah masih kurang perlu pendampingan yang serius. Kegiatan ini merupakan program kabupaten unggulan kabupaten Bantul denga slogan Bantul bersih sampah 2025. Kelompok KKN Reguler periode 101 unit V.D.2 bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul, mengadakan acara sosialisasi bantul bersih sampah untuk membantu terlakasananya program tersebut. Kegitan utama dalam penanganan sampah yaitu  pemilahan sampah, pengelolaan sampah, dan penanggulangan sampah. Kegitan ini diawali dengan sosialisasi Bantul bersih sampah kemudian praktik cara pengolahan sampah organik dan anorganik.

Sahid Ahmad, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul Mengatakan pemilahan sampah dilakukan dengan memilah menjadi 3 sesuai dengan tingkat penguraiannya yakni sampah organik warna hijau, daur ulang warna biru, dan anorganik dengan warna merah.

Dengan dilaksanakannya sosialisasi ini, diharapkan warga mampu memilih dan mengolah sampah organic dan anorganik, sehingga cita-cita Bantul bersih sampah akan tewujud.

Penulis: Aqsalya Indira Prodi-Teknik Informatika KKN UAD Yogyakarta

Komentar atas KKN UAD Bersama Warga Bantul Warung Adakan Pelatihan Pengolahan Sampah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License