Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Padukuhan Serayu

AdminDesa1 07 Agustus 2023 13:55:52 WIB

Bantul(7/8) Peningkatan kapasitas kader posyandu merupakan salah satu kegiatan rutin yang diadakan oleh Kalurahan Bantul. Pada hari Senin tanggal 7 Agustus 2023 jam 09.00 WIB-Selesai diadakan kegiatan peningkatan kapasitas untuk para kader Posyandu Padukuhan Serayu di Gedung Posyandu Serayu. Dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Puskesmas Bantul II, Kalurahan Bantul, dan ibu-ibu kader posyandu.

Acara tersebut dimulai dengan sambutan dari Bapak Nanda Setyawan selaku PKA Pemberdayaan Kalurahan Bantul dan dilanjutkan oleh Bapak Bayudi selaku dukuh Serayu.  

Memasuki acara inti yaitu materi dari narasumber pertama Bapak Yasir Heri Santoso dari Dinas Kesehatan dengan tema “Optimalisasi Peran Masyarakat dalam Peningkatan Derajat Kesehatan”. Tema tersebut merupakan sebuah salah satu konsep penerapan hidup sehat dilingkungan masyarakat, yaitu :

  1. Konseptor yaitu membuat konsep atau perencanaan. Masyarakat dapat membantu untuk membuat konsep pembangunan kesehatan masyarakat seperti ide tambahan kepada dukuh untuk menanam sayuran maupun memelihara ikan di halaman rumah untuk peningkatan gizi keluarga.
  2. Pelaksana / eksekutor / pelaku yaitu melaksanakan apa yg sudah dikonsepkan sebelumnya.
  3. Konsumen yaitu menikmati hasil dr apa yg sudah dilakukan seperti panen sayuran
  4. Monitoring yaitu mengawasi kegiatan yang telah dilakukan oleh masyarakat
  5. Evaluasi yaitu menilai hasil dari kegiatan yang dilakukan.

Materi kedua yaitu Dokter Daniarti dari Puskesmas Bantul II membahas mengenai Pertusis. Penyakit tersebut menyerang pada anak-anak umur 5 tahun. Penularan penyakit tersebut dari droplet dan penyebabnya adalah bakteri. Gejala dari pertussis ialah  demam, batuk keluar cairan (sulit keluar), pilek, nafas sesak, bahkan kejang.

Acara berjalanan dengan lancar dan ditutup dengan diskusi antara Narasumber dengan peserta kegiatan tersebut.

 

 

Komentar atas Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Padukuhan Serayu

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License