PEMILAHAN SAMPAH RT 04 DUSUN JEBUGAN 

AdminDesa1 07 Mei 2024 12:02:35 WIB

PEMILAHAN SAMPAH RT 04 DUSUN JEBUGAN 

Bantul - Kamis (2/5/24) Satgas Penanganan dan Pemilahan Sampah RT 04 Dusun Jebugan Kalurahan Bantul mengadakan kegiatan rutin setiap bulan terkait penanganan sampah rumah tangga.

Kegiatan penanganan dan pengolahan sampah ini telah berlangsung sejak Januari 2024 yang dipelopori oleh ibu-ibu RT 04 Dusun Jebugan, Bantul. Sampah-sampah yang berasal dari rumah tangga, nantinya akan dikumpulkan, dipilah sesuai jenisnya yang dapat memiliki nilai jual, dan mendatangkan pengepul untuk pembelian sampah-sampah yang telah dipilah. Hasil dari sampah-sampah tersebut berupa uang yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan kegiatan ibu-ibu PKK RT 04 Jebugan.

Adanya satgas penanganan dan pemilahan sampah ini, didasari pada melonjaknya sampah yang ada di masyarakat dan adanya penutupan dari TPA Piyungan. Oleh karena itu, inisiatif ini dimunculkan untuk mengatasi masalah sampah yang dimulai dari rumah masing-masing.

Lurah Kalurahan Bantul, Bapak Supriyadi memberikan apresiasi kepada ibu-ibu RT 04 Jebugan atas inisiatif adanya Satgas penanganan dan pemilahan sampah. “Saya mengucapkan banyak terimakasih dan bangga serta mengapresiasi kepada ibu-ibu pengurus Satgas penanganan sampah Jebugan Padukuhan Serayu RT 04 yang telah membentuk kepengurusan sampah dan kegiatan pilah sampah”, ungkapnya.

Ketua RT 04, Bapak Slamet Widodo juga memberikan apresiasinya kepada ibu-ibu yang telah menggerakkan masalah sampah ini serta berterimakasih kepada Pemerintah Kalurahan Bantul yang telah mendukung program ini. “Saya mengapresiasi ibu-ibu dalam usahanya dalam memilah sampah sehingga menjadi berkah bagi semuanya, dan ibu ibu tergerak untuk mengolah sampah ini meskipun tidak seberapa namun sangat berguna. Oleh karena itu kami menghimbau kepada ibu-ibu lain untuk terlibat dalam kegiatan ini. Saya juga mengucapkan terimakasih atas dukungan dari Lurah Bantul dan jajarannya yang telah memberikan dukungan kepada kami, sehingga kegiatan pemilahan sampah dapat berjalan lancar”, ujarnya.

Dengan adanya Satgas penanganan sampah dan program pemilahan sampah ini, diharapkan dapat mengatasi masalah sampah yang ada di Kabupaten Bantul khususnya di Dusun Jebugan Kalurahan Bantul, serta dapat menjadi pendorong dan motivasi untuk daerah lain agar dapat membentuk Satgas penanganan sampah dan masalah sampah dapat teratasi dengan baik.

Komentar atas PEMILAHAN SAMPAH RT 04 DUSUN JEBUGAN 

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License