PERESMIAN BANK SAMPAH RT 04 JEBUGAN

AdminDesa3 10 Juli 2024 13:05:38 WIB

BANTUL, BANTUL - Rabu, 3 Juli 2024 Pemerintah Kalurahan Bantul telah mengadakan peresmian bank sampah. Program ini dilakukan untuk mengurangi adanya sampah yang ada pada lingkungan sekitar dan juga meningkatkan nilai ekonomi sampah.

Kegiatan yang dilakukan di Rumah Bapak Widodo RT 02 Kwasen ini dihadiri oleh Lurah, Bapak Arif, Petugas Sampah Kalurahan dan masyarakat setempat.

Dalam pelaksanaannya, masyarakat akan mengirimkan sampah yang sebelumnya telah disendirikan atau dipisahkan. Sampah yang sudah dipilih ini akan ditimbang beratnya dan dikalikan dengan jumlah rupiah per gramnya.

Data berat timbangan dan jumlah rupiah per gramnya akan dicatat ke dalam buku bank sampah dan aplikasi yang terhubung langsung dengan lembaga pemerintah. Setelah 3 bulan, data tersebut baru dapat dicairkan menjadi uang sesuai dengan catatan data yang ada.

Dengan adanya prgoram bank sampah ini, harapannya dapat menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dari sampah. Adanya program ini juga dapat meningkatkan nilai ekonomi sampah, untuk dijadikan sumber penyedia bahan baku industri daur ulang.

Komentar atas PERESMIAN BANK SAMPAH RT 04 JEBUGAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License